cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 18584543     EISSN : 26156091     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021" : 20 Documents clear
Pengembangan Budaya Sekolah Berprestasi: Penanaman Nilai dan Etos Berprestasi Ageng Pratiwi; Erny Roesminingsih
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.22531

Abstract

Masalah disiplin dalam mentaati aturan sekolah, prilaku moncontek pada saat melaksanakan tes, budaya belajar dan membaca yang rendah, serta budaya kompetesi antar siswa yang juga dirasakan masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk budaya sekolah berprestasi, proses penanaman nilai dan etos berprestasi di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai dan etos berprestasi pada peserta didik dilakukan melalui kegiatan orientasi sekolah, proses pembelajaran, evaluasi belajar, ekstrakurikuler, penghargaan prestasi, kecintaan terhadap almamater, keteladanan guru, kerjasama dengan orangtua peserta didik dan seragam patriot sebagai media penanaman budaya berprestasi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak bagi peserta didik dalam meningkatkan nilai dan etos berprestasinya.
Aplikasi Latihan Soal Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning Irma Eka Ariyani; Nur Lailatul Hibatullah T.; Yustika Indrijati; Miftakhul Huda
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.24594

Abstract

Masih banyak guru yang kurang paham atau kurang tepat dalam menerpakan strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengajar, sehingga kesuksesan dalam proses pembelajaran kurang efisien atau kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi latihan soal bahasa Indonesia berbasis e-learning. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) salah satu penelitian yang mengembangkan suatu produk atau menyempurnakan produk. Subjek penelitian ini adalah siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan studi dokumen, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data dan triangulasi. Hasil penelitian meliputi proses pengembangan aplikasi yang dilengkapi berbagai fitur untuk menyajikan latihan soal. Berdasarkan hasil pengembangan aplikasi ini dapat digunakan pada evaluasi pembelajaran. implikasi penelitian ini dalalm menenerapkan pembelajaran E-learning menggunakan aplikasi latihan soal dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Guru dapat membuat soal dengan mudah jika menggunakan aplikasi ini. Guru dapat mengevaluasi dan mengukur ketercapaian peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari, tanpa menggunakan atau membeli kertas, dengan begitu akan menghemat waktu serta biaya.
Pengembangan Media Pop-Up Book Batik Lasem untuk Sekolah Dasar Hehen Julianto; Achmad Hilal Madjdi; Mohammad Kanzunnudin
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.30759

Abstract

Kurangnya media pembelajaran pada muatan seni budaya, menyebabkan minat belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pop-up book batik Lasem untuk kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall, dengan menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian yakni penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk, dan revisi hasil uji produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket.  Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran dan validasi produk media pembelajaran. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V sekolah dasar. Hasil analisis dari proses validasi ahli materi memperoleh jumlah skor 44 persentase 88% dengan kategori sangat baik. Validasi ahli media memperoleh jumlah skor 68 persentase 91% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi maka media pop-up book batik Lasem untuk sekolah dasar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi media ini diharapkan dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri.
Pemanfaatan Kvisoft Flipbook Maker dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Zulhelmi Zulhelmi
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.31209

Abstract

Hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran daring menurun, hal ini disebabkan karena siswa mengalami berbagai kesulitan dalam memahami materi. Tujuan penelitian menerapkan  e-modul aplikasi Kvisoft Flipbook maker dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan semi eksperimental plan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik semester 3 dan 5 dengan jumlah 40 orang, untuk Program Keahlian Teknik Elektronika dengan Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video di SMK. Teknik pengambilan sampel (sampling) yang digunakan yaitu purposive sampling (purposive testing). Jumlah sample tersebut digunakanlah perbandingan antara jumlah tiap kelas dibagi dengan jumlah total dari kedua kelas (jumlah populasi) dan dikalikan dengan jumlah sample yang telah ditetapkan sebelumnya. Kelas kontrol berjumlah 8 siswa dan kelas eksperimen berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik kuesioner dan tes hasil belajar. Teknik analisis menggunakan measurement (statistic) deskriptif, persentase, dan uji T. Hasil penelitian rata-rata sebelum untuk kelas eksperimen sebesar 55,00 dan sesudahnya sebesar 65. Dari hasil perhitungan ini dapat sama-sama terdapatnya perbedaan nilai peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Kvisoft flipbook maker untuk materi teknik pembuatan PCB secara manual. Tabel 6 merupakan hasil uji hipotesis Paired T-Test untuk kelas eksperimen dengan kepercayaan 95%, dimana diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Maka pemanfaatan  kvisoft flipbook maker dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
E-Modul Counter Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Nurwahyu Rindaryati
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.31240

Abstract

Pentingnya mengembangkan media pembelajaran interaktif dalam bentuk e-modul untuk mengatasi permasalahan sulitnya menjelaskan fungsi, prinsip kerja, dan aplikasinya kepada siswa dan juga keterbatasan waktu dalam penyampaian materi counter yang tidak interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul counter dengan menggunakan aplikasi flip pdf professional pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R & D) dengan pendekatan model sekuensial linear. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru dan siswa SMK. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistika deskriptif. Hasil pengujian fungsi tombol pada e-modul dengan menggunakan black box testing diperoleh hasil 100%, yang berarti bahwa e-modul yang dikembangkan berjalan dengan baik dan pada saat uji coba pada perangkat komputer lain juga berjalan dengan baik. Maka dapat disimpulkan hahwa e-modul counter yang dikembangkan menggunakan aplikasi flip pdf professional layak digunakan dalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini dapat membantu siswa memahami materi dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Penggunaan Media Blok Pecahan pada Materi Pecahan Biasa Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Berhitung Ahmad Jajuli Zadulhaq; Indhira Asih V.Y; Trian Pamungkas Alamsyah
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.31309

Abstract

Kesulitan siswa dalam memahami materi bilangan pecahan juga disebabkan oleh guru yang tidak menggunakan media pembelajaran yang konkrit sehingga siswa lebih mudah bosan dan kurang bergairah dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan media blok pecahan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep berhitung pada pecahan biasa dan membantu siswa aktif dalam belajar matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian  Kuasi Eksperimen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan data diperoleh dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil kemampuan pemahaman konsep materi pecahan siswa di kelas eksperimen yang lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa dikelas kontrol dilihat dari rata-rata nilai pada posttest kelas eksperimen yang menggunakan media blok pecahan yaitu 65,  sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas control yang mengunakan media gambar yaitu  55, dan dapat disimpulkan bahwa pencapaian akhir dari kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan media blok pecahan pada kelas eksperimen dengan kategori baik, lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan media gambar dengan kategori cukup. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Stem pada Materi Gerak Melingkar Fadillah Rahmayani; Menza Hendri; Dian Pertiwi Rasmi
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.32671

Abstract

Pembelajaran yang seharusnya berpusat pada peserta didik tidak sepenuhnya diberlakukan, hal ini disebabkan masih ada beberapa guru yang tetap mengajar peserta didik dengan metode pembelajaran konvensional yang mana pembelajaran tersebut menempatkan peserta didik sebagai objek dan guru sebagai subjek. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk berupa Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis STEM agar dapat menunjang pembelajaran siswa menjadi lebih menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implemetasi, dan Evaluasi). Subjek uji coba dalam pengembangan LKPD Android berbasis STEM ini adalah siswa-siswa SMA. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, observasi. Data dianalisis menggunakan Statistik deskriptif. Hasil produk divalidasi oleh validator ahli dan validator media diperoleh hasil dengan rata-rata 3,24 dalam kategori  sangat baik untuk ahli materi dan 3, 27 hasil dari ahli media dengan kategori sangat baik. Uji kelompok kecil angket responden dan diperoleh hasil Produk yang dikembangkan memiliki rata-rata skor 3,26 dimana termasuk dalam kategori Sangat Baik, Sehingga Produk yang dihasilkan dapat dikategorikan sangat baik dan layak untuk digunakan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar I Kadek Wisnu Nata; DB. Kt. Ngr. Semara Putra
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.32726

Abstract

Proses pembelajaran IPA belum terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif pada muatan IPA di Sekolah Dasar.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), Model pengembangan  yang digunakan dalam penelitian yaitu model DDD-E. Model pengembangan DDD-E memiliki empat tahapan utama diantaranya (1) decide/menetapkan (2) design/merancang tampilan (c) develop/mengembangkan (d) evaluation/revisi. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, pencatatan dokumen dan kuesioner. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Validasi media bedasarkan uji para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian menggunakan 3 pesera didik untuk uji coba perorangan, dan  9 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil. Uji ahli isi mata pelajaran memperoleh skor sebesar 94,6% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji ahli desain pembelajaran memperoleh skor sebesar 87.5% dengan kategori tergolong baik. Uji ahli media pembelajaran memperoleh skor sebesar 94.0% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji perorangan memperoleh skor sebesar 91.03% dengan kategori tergolong sangat baik. Uji kelompok kecil memperoleh skor sebesar 88.68% dengan kategori tergolong baik. Berdasarkan skor yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif dengan model DDD-E muatan IPA sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu media pembelajaran multimedia interaktif dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran IPA secara mandiri.
Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar I Kadek Dwi Putra; Ni Wayan Suniasih
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.32878

Abstract

Permasalahan dalam proses pembelajaran menyebabkan kesulitan bagi siswa dalam memahami materi. Kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa mengalami berbagai kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media diorama materi siklus air pada muatan IPA. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan metode kuesioner. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data memperoleh presentase ahli isi muatan pelajaran IPA memperoleh skor 100 dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 100 dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 94,44 dengan kualifikasi baik, dan hasil uji coba perorangan memperoleh skor 95,33 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran) dan hasil uji coba perorangan, dapat disimpulkan bahwa produk media diorama ini layak digunakan pada pembelajaran muatan materi IPA kelas V. Implikasi penelitian ini dapat membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran IPA.
Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD Luh Nuryani; Ida Gede Surya Abadi
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 (2021): Juli 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i2.32934

Abstract

Pembelajaran yang kurang menarik sering membuat siswa merasa bosan dan pada akhirnya tidak fokus untuk belajar Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun media pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development and Implementation, Evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis dalam proses pengembangan produk. Metode yang digunakan yaitu metode non tes yang meliputi wawancara dan angket/kuisioner sebagai instrument pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Uji coba pada penelitian pengembangan ini meliputi ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran dan menggunakan subjek yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil penilaian media dari penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh presentase skor (98%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh presentase skor (93%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh presentase skor (92,5%) dengan kualifikasi sangat baik, dan dari subjek uji coba perorangan dari siswa memperoleh presentase skor (95%) dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flipbook layak digunakan pada proses pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 20